//ナイスラ
SITE ABOUT ENTRY LINKS STUFF
Review : XP-Pen Star G640S, Android Support Pentab (Indonesia+English)
7/16/19 • 16.7.19 • 0 Commenter [s]

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Halo temen temen semua! Apa kabar?
Rasanya udah lama banget ya aku nggak update di blog ini lagi wwww.
Mohon maap yaaaak.

Hello friends! How are you?
It's feels so long I don't update on this blog again lol.
Please forgive meeee.
Oh iya, cuma ingetin aja.
Postingan ini bilingual.
yang Indonesia pakai warna hitam.
Dan yang Inggris aku pake warna hijau~
So, just a lil reminder.
This post is bilingual.

I use
black colour for the Indonesian one, and green for the English~
Okay, Let's Start!


Spesification



Pertama-tama, aku mau jelasin soal spesifikasi dari pentab XP-Pen Star G640S ini.

Pentab yang support Android ini punya active area yang cukup besar. Pas aku bandingin sama buku tulis A5 ku sih, sekitaran segitu.
Lebih tepatnya 6 x 3.75 inchi (Lihat dari boxnya)
Terus sensitifitas tekanannya 8192!
Seperti yang kalian lihat di gambar di atas, pentab ini punya 6 express keys yang bisa dikustomisasikan sesuai kebutuhan kita. Ngebantu banget kan?

First, I wanna explain about the spesification of this XP-Pen Star G640S pentab.
This Android supported pentab has quite large active area. When I compared with my A5 Notebook, the size is around that.
More precisely 6 x 3.75 inch (See from its box)
And the pressure sensitivity is 8192!
Like what you can see above, this pentab has 6 express keys which can be customized according to our needs. Really helps right?

The Pen & Accessories


Terus barang-barang pelengkapnya juga banyak banget!
Urutannya searah jarum jam yaa. 
  1. Ada kabel USB pastinya. Kabelnya menurutku cukup panjang, jadi bisa pake pentabnya dari jarak jauh gitu? wwww
  2. Nibs pengganti yang cukup banyak. Ada 20 buah! Ga perlu bingung deh kalau misalnya kehabisan nibs (walau aku sendiri baru punya sih wkwkw)
  3. Terus ada Pen-Clipper juga, yang fungsinya buat gantiin nibsnya itu.
  4. Lalu tentunya pennya itu sendiri. Dari webnya sih, pennya pake P05 Passive Pen. Oh ya, menurutku pribadi pas pake pennya lumayan ringan, mungkin karena pennya udah battery free.. Di pennya juga ada 2 tombol express keys yang bisa dikustomisasikan juga. Defaultnya tombol atas buat pen/penghapus dan yang bawah buat klik kanan.
  5. Dan yang paling menarik dan jadi pembeda antara Pen Tablet ini dari Pentab biasanya, ada USB OTGnya! Ga perlu repot repot deh cari sana-sini lagi. Sangat praktis. OTGnya ada dua pula, micro USB & USB Type-C.
  6. Nah yang terakhir ada Pen-Sleeve. Jujur nih, pertama liat ini aku bingung ini apaan wkwkwk. Setelah diliat baik-baik ternyata buat tempat pennya gitu toh. Ini bisa dilem di belakang Pentabnya, terserah sih tempatnya di mana. Kalau aku taro di bagian atasnya aja~
And then, the accessories stuff are also a lot!
The order is clockwise.
  1. There is a USB cable ofc. The cable imo is quite long, so you can use the plug like remotely? lololol
  2. Quite a lot of replacement nibs. There are 20 pieces! So you don't need to be confused if you run out of the nibs (even tho I also just have it lololol)
  3. Then there is the Pen-Clipper too, whose function is to replace the nibs.
  4. And ofc the pen itself. From the web, the pen uses P05 Passive Pen. Oh yeah, in my personal opinion, when I use the pen is quite light. Maybe it's because the pen is already battery free..... In the pen there are also 2 express keys that can be customized as well. The default button is for the pen/eraser and the bottom one for right-click.
  5. And then, the most interesting and the difference between this Pentablet and the common Pentab, there is OTG USB! You don't have to bother looking elsewhere again. Very practical. The OTG are two, micro USB & Type-C USB.
  6. Well the last one is the Pen-Sleeve. Tbh, when I first look at this I am confused what is this thing lol. After looking carefully, it turns out that it's the pen holder anyway. This can be placed behind the pentab, you can put where ever you want. Myself is placed it on above of it~
Guides & Warranty


Hmmm yang ini aku nggak perlu jelasin lah ya~ 
Kalian juga tau itu apa dan bakalan males bacanya hwhwhw.
Tapi nih.. Ada yang kurang menurutku, ga ada user manualnya :(
User manualnya sendiri harus aku download di situs xp-pennya. 
Bentuknya ebook gitu. Lengkap di sana, ada cara install driver, dll.
Mungkin buat hemat kertas kali y.

Hmmm i don't need to explain this one right~
Ya'll also know what is it and it will be lazy to read lelelelel
But... Something is missing imo, there's no user manual :(
I have to download the user manual on the xp-pen site.
The form is an ebook. On there is really complete, like ways to install drivers, etc.
Maybe for saving paper huh.

Android Supported & How to Use


Nah, yang aku mau jelasin mungkin cuma ini aja di dalam panduannya. Soalnya ini juga bagian menariknya. 
Jadi, pas kita pake pentab ini untuk Android cuma bisa vertikal gitu wankawan, nggak bisa tuh dijadiin horizontal. 
Aku sempat nyoba jadi kek miring-miring gitu. Kalau ndak salah, seri deco yang bisa dijadiin horizontal maupun vertikal pas digunain di Android.

Well, what I want to explain maybe only this, which is inside the guides. Because this is also the interesting part.
So, when we use this pentab for the Android, it can only be vertical guys, you can't do it horizontally.
I've try then it's become like tilted sideways. If not mistaken, the deco series that can be horizontally or vertically used on the Android.

Gini nih penampakannya pas aku tancepin pentabnya di HP Androidku :
This is how it looks when I plug in the pentab into my Android phone :


Sekedar info, pas aku pertama kali make pentab ini di Andronya bener-bener baru keluar dari kerdus. Aku sama sekali belum install driver dll, langsung aja tancepin OTG, Kabel USB, & Pentab ke HP.
Dan yaaa langsung bisa!!!
Di hpku muncul kek cursor gituu wkwkw.

Fyi, when I first use this pentab in the Android, it's really just came out of the box. I have not installed the driver yet, just straight forward plug the OTG, USB cable, & Pentab to the phone.
And yes it works right away!!!
On my phone it appears like a cursor lololol.
Oh ya, hampir aja lupa. Android yang bisa pakai pentab ini cuma versi 6.0 ke atas yaaa
Oh right, I almost forgot. This pentab is only can use with 6.0 or higher version of Android. 

Apps Compability on Android & PC

Aplikasi-aplikasi yang aku coba saat pertama pakai antara lain :
The apps that I try when first using are as follows : 


1. Medibang Paint Android
Di sini aku pertama kali nyoba. Dan pressurenya enak bangettt, nggak terlalu sensitif gitu. Beda sama aplikasi di bawah:(((((
Here I tried it for the first time. And the pressures are really comfyyy, not too sensitive. Different from the app below :((((((


2. Ibis Paint
Di app ini ya bisa juga sih. Cuma aku nggak suka pressurenya:( kayak cuma tekan dikit langsung jadi tebel gitu? Beda jauh sama pas ga terlalu neken. Jadi nya gak enak wkwkw, apa appnya sensitif y.
Atau mungkin akunya aja yang belum terbiasa make nya juga.
Ya, ya bisa jadi... 

Oh iya, buat aplikasi Android lain aku ga bisa review, soalnya cuma pake 2 app itu aja buat ngegambar:( *bilang aja gegara wifinya lemot buat download lagi hadehh

It's worked too in thid app. But I just don't like the pressure:( Like, just pressing a little it directly becomes thick like that? So different when I don't really pressed it. That's makin' it doesn't feel good, is the app sensitive huh.
Or maybe I who did not used to use it too.
Yeah, yeah it could be...

Oh yeah, for another Android apps I can't review, because I only use those 2 apps for drawing :( *just say coz the wifi is very slow to download again ughhhhh

Nah di bawah buat aplikasi PC 
So below are for the PC apps 


3. Fire Alpaca
Aku rada males jelasin mulai sini.. silahkan liat dan bandingkan sendiri aja~
I'm lil bit lazy to explain starting from here... please see and compare it by yourself~


4. Medibang Paint PC


5. Photoshop CS6
((Ga tau cara ngatur correction di PS))
((Don't know how to set the correction in PS))

Okay sekian review ku! Eh tunggu....
Aku belum kasi tau harganya ya?

Okay that's all my reviews! Eh wait...
I haven't told the price huh?
The Price

Yang terakhir, dengan spesifikasi yang seperti itu apakah harganya mahal?
Nggak kok! Aku beli ini cuma Rp650.000 aja! 
Untuk harga di luar Indonesia, aku cek sih sekitar $35.99

Tertarik membeli? Atau masih galau beli merk ini atau merk sebelah? :0

Lastly, with such specifications, is the price expensive?
Fortunately, it's not! I bought this for only IDR 650,000!
For the prices outside Indonesia, I check it's around $35.99

Interested to buy? Or are you still confused to buy this brand or the next-door brand? :0

It's finished.
I hope this helps you all

Labels: , ,



OLD
Welcome!
Hello ! I'm Urfi from Indonesia, nice to meet you^^


Chatbox


Archive;