//sunflower's hope
SITE ABOUT ENTRY LINKS STUFF
Lika Liku Mahasiswa DKV : Sebelum Jadi Mahasiswa
12/16/19 • 16.12.19 • 7 Commenter [s]

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh!

Wah ga terasa ya, udah beberapa bulan aku ga ngeblog lagi setelah vakum kuliah (lagi).
Hehe maaf yah. Sebenarnya banyak waktu luang sih, sayangnya banyak kupakai buat main medsos dibanding nulis di sini.
Dan aku pun tak tau apa masih ada yang mau baca blog yang udah usang berdebu ini? '-')
Ah yasudahlah.. setidaknya bisa dijadiin arsip wkwkwkw
Mungkiin, mulai tahun depan aku akan mulai aktif ngeblog lagi.. tapi ga bisa terlalu janji juga y. Topiknya akan lebih random, tapi insyaallah konten ku kedepannya lebih original, ga seperti postingan 2016 ke bawah yang pada copas.. Doain ya biar aku bisa aktif!!

Oh ya, balik ke judul postingan ini.. Nah lho, balik-balik pembahasannya kok gini?
Ngilang sekian lama tetiba sudah jadi mahasiswa-

Ya.. yamaap saya emang se "ga sempat" itu- Sok sibuk banget kan?

Pertama tama kita bahas tentang DKVnya dulu ya..


DKV itu apa sih? Ya... Desain Komunikasi Visual.
Terus Desain Komunikasi Visual itu apa?
Ya DKV? DKV itu apa sih? Ya... Desain Komunikasi Visual.
Terus Desain Komunikasi Visual itu apa?
*gitu aja teros kagak berhenti-______-
Oke maap lagi.

Kalo dari Wikipedia, sih...
Desain Komunikasi Visual atau lebih dikenal di kalangan civitas akademik di Indonesia dengan singkatan DKV pada dasarnya merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan ide atau penyampaian informasi yang bisa terbaca atau terlihat. Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan simbol, ilmu dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang kesemuanya berkaitan dengan indra penglihatan.
Proses komunikasi disini melalui eksplorasi ide-ide dengan penambahan gambar baik itu berupa foto, diagram dan lain-lain serta warna selain penggunaan teks sehingga akan menghasilkan efek terhadap pihak yang melihat. Efek yang dihasilkan tergantung dari tujuan yang ingin disampaikan oleh penyampai pesan dan juga kemampuan dari penerima pesan untuk menguraikannya.
Kalau anda malas membaca, maka saya akan bantu menyimpulkan, jadi intinya DKV itu...
Perancangan media komunikasi yang nantinya bisa dijadikan sebagai informasi dengan penggunaan elemen elemen visual.
Iyah gitu ._. Correct Me If I Wrong yah guys.

Jadi, sebenarnya....... Aku sudah kuliah DKV selama 3 semester ini, bisa dibilang masih maba yah wkwkw

Maybe aku mau ceritain sedikit (atau banyak?) pengalamanku buat berjuang masuk ke jurusan, eh prodi, ini dulu ya. Sebelum membahas suasana suram saat sudah menjadi mahasiswanya.
Kita bahas yang bahagia-bahagia dulu eaaaa


1. Memilih Jurusan Kuliah


So, aku sebenarnya sudah merencanakan masuk ke jurusan ini lamaaa banget. 
Aku bukan tipe anak yang milih jurusan tepat di tahun terakhir masa sekolah.
Aku lupa banget yang pastinya, tapi mungkin antara kelas 10 semester 2 atau kelas 11 semester 1 aku sudah mulai searching soal jurusan ini.
Pertamanya sudah sering tertarik dengan jurusan ini coz setauku komikus, webtoon artist, dan mastah mastah (?) yang kutau di internet pada masuk ke jurusan ini. 
Dan karena aku sedari kecil sudah suka menggambar, ditambah ada sedikit pengalaman desain ngedit abal-abalan pas ngeblog dulu, maka aku mulai tertarik.
Ah ya--- dari dulu cita cita ku juga menjadi komikus hahaha.

Lalu yang lebih meyakinkan ku saat memilihnya, karena aku ikut tes psikologi tentang jurusan kuliah di aplikasi android gitu. Nama appnya Superlink! Sayangnya, aku pas search lagi di play store appnya udah ga ada:( Seru banget sih padahal.....

Di aplikasi itu, selain jurusan DKV, aku juga ada liat jurusan lain yang lumayan cocok.. terus aku sambung2in sama minatku, aku bingung antara jurusan Bahasa Inggris, Teknik Informatika, atau DKV. Di situ yaa mikir mateng-mateng lagi.. Dan akhirnya, atas izin Allah, pilihanku jatuh pada DKV karena aku bilang ke diriku sendiri, aku pasti cepet bosen kalo ga bisa ngasilin karya. WKWKW apa banget ya?!

Habis kasih tau fix mau kuliah DKV, aku langsung kasih tau ummiku. Dan alhamdulillahnya ummi setuju aja, dan pikirannya terbuka (karena setauku banyak juga orang yg dilarang ortunya kuliah dkv karena yah tau sendirilah---). Aku bersyukurrr banget

Nah pas search pengalaman orang yg kuliah DKV--- whaaaaa kok aku banget ya, memang sih ada serunya, tapi pasti ada yang susahnya juga wkwkw (well, yg ini akan kita bahas di post berikutnya).
Selain search pengalaman, yah aku juga search gimana sih tesnya dkv ituuu, baru tau tuh istilah snm, sbm, ujian mandiri. Tapi masih abu abu banget:( dan juga ada tes portofolio!
Karena portofolio itulah, akhirnya mulai kelas 10/11 SMA itu, aku gas banget belajar gambarnya. Yap-- otodidak dari sosmed dan internet. At least, jadi tau yang dasar dasarnya kayak anatomi, proporsi, bayangan, dsbnya.

2. Tes SNMPTN

Okeh, time skip, di kelas 12 SMA tepatnya bulan Februari kalo ga salah, mulailah ada penyerahan nilai-nilai untuk SNMPTN, setelah itu bulan Maretnya gitu tes SNMPTN deh... ngumpulin berkas blablabla. Ada juga ngumpulin sertif, piagam lomba, dll, tapi aku ga ngumpulin :u wong aku ga pernah ikut lomba dalam bidang seni wkwkwkw.
Dan.... bedanya SNMPTN jurusan seni ini dengan yg lain ialah, ada pengumpulan portofolio seperti yang aku kasi tau tadi. Jadi aku ikhtiarnya lewat ini deh:') ehtapi doa yang banyak juga yaaa.
Pas itu, sepertinya aku mulai merasakan "tugas pra-kuliah" ceilah.. Walau masih gampang sih portonya. Tapi aku akhirnya sampai bolos sekolah di hari pengumpulan terakhir pengumpulan SN itu.. Kenapa? Ya.. ada tryout yg full beberapa hari (pagi-maghrib di sekolah) pas hari lagi snmptn..
Dan masih ada pemantapan pula =_= wwkwwk. Akhirnya aku cuma nyicil nyeket beberapa kali di sekolah. Dan 2 harian pas sebelum dedlen aku gas banget. Alhamdulillah pas bolos itu cuma ada mapel mtk tambahan yg ga absen:')

Oh iya, pas itu aku cuma milih 1 Jurusan & 1 Univ saja ya. Emang kudu nekat. Soalnya kalo mau 1 Univ lain kudu yg di provinsi (di mana di univ itu ga ada DKV, jadi aku lebih pilih yg peluang sedikit---). Dan univnya kupilih Universitas Negeri Malang soalnya dari SD Malang sudah jadi inceran, pernah ke sana beberapa kali + kakak kakak ku jg kuliah di sana.

Time skip, lupa tanggalnya.. pengumuman snmptn pun tiba. ENG ING ENGGGGG...
Alhamdulillah atas izin Allah, ternyata ijo!!!!!!!!!!!! Aku pas itu bener bener reflek nangis:'''') bahagia banget.. tau gak sih, nangis terharu gitu. Aduh lebaynya kamu, belum tau keras nya dunia ---heh
Dan aku bener bener bersyukur bisa lolos sn, soalnya emang ga ada persiapan untuk sbmptn dan mandiri WKWKWKW //dasar

3. Daftar Ulang

Oke, sebenarnya ini tydac terlalu penting, dan aku tak tau apa ini termasuk perjuangan apa ngga wkwkwk. Aku berangkat daftar ulang sama Bapak, daftar ulang ini sebentar, ngasih berkas sama ambil ktm, tapi rasanya kok nanggung kalo mau pulang lagi, tiket pesawat mihil haha. Akhirnya di Malang sampai 2 minggu sebelum lebaran ._. 

Oke... sampai di sini deh pengalaman sebelum kuliahnya, ada pertanyaan? sanggahan, kritik, atau saran? Eh--- ini bukan presentasi ya? Siap salah...

Sekiannnn, jangan lupa komen yah biar rame:3 ramaikan juga chatboxnya.. dah sepi euy. Follow blogku untuk tau pengalaman selanjutnya okeeeyyy. Sampai jumpa lagi... insyaallah

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Labels: ,



OLDNEW
Welcome!
Hello ! I'm Urfi from Indonesia, nice to meet you^^ I rarely update here, but you can found me on Instagram @sunflowerhope


Chatbox


Archive;


Ads