//sunflower's hope
SITE ABOUT ENTRY LINKS STUFF
Lika Liku Mahasiswa DKV #3 : Semester 2 & 3
10/9/21 • 9.10.21 • 0 Commenter [s]

Bismillah. Hai semua! Sudah lama sekali rasanya tidak update lagi blog ini:'') 

Ah ya, sebenarnya aku sudah mulai aktif ngeblog lagi loh, tapi di blog lain yang isinya lebih tentang thoughts, konten reminder dll. I have lots of consideration to make a new blog for that.

Oh, back to the topic. Ini tentunya masih lanjutan postinganku tentang Lika-Liku Mahasiswa DKV #2.

Kali ini, untuk mempersingkat postingan, aku gabungin aja 2 semesternya ya? x''')

Anyway, setelah lama ditinggal ini blog untuk update post, ga terasa aku udah semester 7 aja huehehe. Dikarenakan takut ditinggal lagi blognya, mending aku post lagi selagi ada waktu senggang isn't it?

Semester 2
Di semester 2 ini, aku masih ada adaptasi dengan matkul-matkul DKV, jadi masih aga kesulitan gitu:''D
Dan dikagetkan ada matkul yang harus make laptop selama nugas, padahal aku belum ada laptop saat itu. Dan rencananya beli laptop semester 3, seperti kakak tingkat yang baru masuk matkulnya semester 3. Qodarullah yak~

Oh ya, selama perkuliahan semester dua ini ada 6 mata kuliah prodi dan 2 mata kuliah wajib univ. 
Sekali lagi, kita bahas mata kuliah prodinya aja yaaa hihi.

1. Etika Desain
Ini matkul yang penting bangett menurutku, seru juga sih bahas tentang copyright, masalah pembajakan dll hihiw. Dan karena matkul ini aku di FAC (komunitas Faceless Art yang kubikin), biidznillah bisa bikin ebook masalah seperti itu.

2. Illustrasi
Ini juga matkul seru, humn tiap minggu ada deadline gambar yang harus diselesaiin, lanjutannya gambar sketsa, oh iya tapi gambarku jele2 pas semester ini, so I don't want to show it:<

3. Tinjauan Desain Barat/Mancanegara
Ini lanjutannya Tinjauan Desain Nusantaraaa, seperti namanya ya ngebahas sejarah desainnya makin detail ke negara-negara luar Indonesia. Banyak dan seru sih, syukur kalo ulangan open book wkwk.

4. Semiotika 
Ini ngebahas soal tanda tanda gituuu, apa artinya dll. Matkul yang penting tapi bikin otak serasa beruap😂 

5. Nirmana 3 Dimensi
Matkul terchallenging banget, matkul yang bikin kamu harus ngumpulin sampah-sampah buat jadi karya wkwkw, btw aku pas semester 2 ga lulus matkul ini tapi ngulang lagi di semester 4, tapi makin banyak belajar lagi!!
Dan oh ya, karya Nirmana 3D ku jele2 (2) jadi ga mau nunjukin. Nirmana 3D tapi emang serandom itu karya yang kita kudu bikin dan harus ada point interest, pola dll. Gitulah~ Sangat memorable sii.

6. Komputer Grafis
Ini juga sama kayak matkul ilustrasi, tiap minggu ada aja yang kita kudu bikin. Bedanya, pake aplikasi di laptop. Terus kagok bener baru belajar app-app vector sama sotoshop wkwkwk. Tapi satisfying juga liat perjalanan desainku sampai sekarang:'3
Btw ini beberapa karyaku yang mendingan di matkul ini :






Semester 3
UWAAAH SEMESTER 3!! Ini jujur sih semester terseru bagiku, soalnya banyak matkul favku di sini wkwk. Terus juga banyak kenal aplikasi desain baru lagi. Sayangnya saat itu ada 1 matkul DKV yang gak bisa aku ambil karena semester 2 ada beberapa matkul yang ga lulus>< But it's okay karena ku udah ngulang di semester 4 dan 5 kemarin hehe~

Di semester ini, belajar dari semester 2 lalu, aku ngurangin aktifitasku di luar mata kuliah kampus. Btw harusnya di semester ini ada 6 matkul prodi kan, tapi aku cuma bisa ambil 5 aja sama 1 matkul univ. Eh tapi kayaknya aku mau cerita juga soal matkul univ itu sekalian yaaa. 
Oh iya juga, semester 3 ini tuh terakhir kali kuliah yang full offline:') Semoga pandemi ini segera berakhir ya...

1. Tipografi
Sukaaa banget sama matkul ini. Mungkin karena aku suka ngelettering ya wkwk. Emang susah tapi asik gitu la. Tentunya belajar tentang huruf-hurufan, belajar anatomi huruf, jenis huruf, bahkan sampai bikin font juga! Ada dua font yang dibikin pas itu, ada font yg niru dari huruf sekitar lingkungan kita (vernakular), ada juga font yang bikin sendiri dari font daerah gituuu. Seru seru sih tugasnya, tapi nyesel juga kurang ku maksimalkan hiks.
Ini beberapa karyaku di matkul tipografi :









2. Gambar Teknik & CAD
Lagi lagi belajar dari aplikasi yang cukup asing buatku, yap. Pake Sketchup. Di sini disuruh bikin kayak bentuk 3D booth gitu gitu lah. Kagok juga pas pertama soalnya ngga ngeh cara make sketchup kek mana. Ini beberapa karyaku :






3. Bahasa & Sistem Tanda Visual
Ini tuh kayak lanjutan semiotika. Jadi belajar gimana bikin tanda-tanda piktogram, dll. Terus seru gitu tiap minggu gambar (ngetrace sih XD) foto dari internet dari yg bentuk rumit sampai paling sederhana. Sayangnya bukunya dikumpulin di dosen dan aku jarang fotoin wkwk.

4. Copywriting
Ini belajar gimana sih bikin kek kata-kata yang bisa mengundang orang buat beli suatu produk/jasa. Di sini karyaku ga terlalu ada, tapi mayan seru juga karena ada sesi wawancara sama narasumber dan pesaingnya www.

5. Fotografi
Ini matkul favku juga siiii, soalnya aku dari dulu suka motret pake kamera kan, pernah ikut UKM Fotografi juga wkwk. Karena matkul ini, kameranya kakakku dikirim deh ke Malang. Banyak dan macem2 tugasnya, aku berasa belajar ulang lagi materi2 yg pernah dipelajari di UKM😅 dan rasanya lebih paham pas kuliah haha.. yaiyalah.
Yang seru pas UTS bikin foto yang bercerita gitu dan harus pake objek orangtua yasudah aku minta tolong tanteku huehehe, terus pas UAS motret makanan, minuman, sama temen sendiri~ Banyak motret sendiri, seru banget. Ini beberapa karya yg menurutku aman dan layak share :

6. Manajemen Inovasi
Nah ini mata kuliah univ yg aku maksud tadi. Di sini karena MKU akhirnya bisa sekelas sama kating beda jurusan www, pas itu dapet temen sekelompok 1 temen sekelas sama 2 nya anak sastra Indonesia. Di sini kita ditugasin bikin buku cerita anak 3D Pop up gituu. Dan harus dijadiin PKM:''D
Banyak pengalaman baru yang kurasain dan cukup seru sih.....

Sekian cerita cerita soal lika-liku mahasiswa DKV ku, tunggu semester 4-6 nya yaa! (Untuk semester 7 karena sedang berjalan dan ga ada matkul semester ini jadi mungkin aku skip?) Tunggu sajaaa.

Btw mentemen, sekali lagi aku lebih aktif di blog sebelah untuk unggah tulisanku:') di sini lebih kayak tulisan-tulisan hobi dan cerita soal kuliah hehe. Moga bermanfaat pengalamanku untuk kamu yang berniat masuk DKV atau penasaran di DKV ngapain aja?
Tetep semangat gaisss.

Sincerely, someone that might be hiatus again~ xD

Labels: ,



OLDNEW
Welcome!
Hello ! I'm Urfi from Indonesia, nice to meet you^^ I rarely update here, but you can found me on Instagram @sunflowerhope


Chatbox


Archive;


Ads