//sunflower's hope
SITE ABOUT ENTRY LINKS STUFF
Lika Liku Mahasiswa DKV #4 : Semester 4 & 5
9/1/22 • 1.9.22 • 0 Commenter [s]

Bismillah. Hai semua! Ga terasa, udah berbulan-bulan ga update lagi ya dan well, sekarang aku sudah di semester akhir wkwk. Oke, aku akan berusaha untuk selesaiin postingan series tentang dunia per-DKV-an ini.

Dan sekalii lagi, ini lanjutan dari postingan Lika-Liku Mahasiswa DKV #3.

Mulai semester 4-5 ini kudu adaptasi karena adanya serangan kuliah online~x')

Semester 4
Di semester 4 ini, bisa dibilang hampir setengah perkuliahan dijalankan offline, kemudian pertengahan bulan Maretnya berubah menjadi online. Yang awalnya kami menyangka kuliah online hanya 2 minggu berubah menjadi 2 tahun lebih, bahkan saat sudah kondisi balik offline kami sudah harus mengerjakan skripsi jadi tetep gak ada perkuliahan lagi. Haha qodarullah yaa..
Pas semester ini juga sebenarnya aku mengulang matkul Nirmana 3D, jadi aku bener2 ngoyo2an tuh 24 sks ._.
Tapi seru juga menurutku, walau adaptasi ke online itu cukup bikin bingung awalnya...

1. Metodologi Desain
Bisa dibilang sepertinya ini matkul yang mungkin sedikit mirip metodologi penelitian, maksudku seperti awalan skripsi gitu. Pertamanya ada tugas per kelompok yang disuruh ngeriset desain yang sudah ada gitu, lalu pas UAS nya disuruh bikin makalah. Yagitu deh, memoriku agak hilang sih pas matkul ini, pardon me.

2. Metode Reprografika
Salah satu matkul praktik yang seru dan sebwah latihan menjadi kang sablon //gagitu.
Merasa bersyukur sebelum serangan koped datang, kami sudah selesai bagian sablon menyablon kain-kainnya.

Lalu, sebelum koped menyerang (lagi), awalnya pak dosen menugaskan kami untuk bikin desain reprografika di atas kayu gitu dan nantinya diprint di kampus dengan mesin khusus. Bahkan udah mau mesen kayu sekelas, eh qodarullah karena koped tugas itu pun ditiadakan.
Ada juga tugas yang nyari kertas beda2 nanti diprint artwork buatan kami di kertas itu dan dijilid sekelas, tapi karena jadi online maka tugasnya jadi individu. Aku pas itu struggle karena balik ke kampung halaman, tida ada tempat print yg seperti itu bestie. Akhirnya harus cepet2 bikin gambarannya dan cari tempat print online dari Jawa dan harus menunggu sampai. Syukur aku terkejar sebelum deadline wkakak. Aku pun juga ngeprint 1 art lagi, sama di totebag saat itu biar ga eman ongkir.
Ini hasilnya:

Yang seru lagi, tugas individunya bikin 3D pop up artwork gitu. Jadilah aku membuat gambarnya cepat2 sebelum pulkam dan ngeprint dulu di Mlg, pas pulang aku tinggal motong2 dan tempel. Terus juga beli lagi bingkai yg tebelnya di Surabaya😹 Dan ini hasilnya:


Kedua tugas pas peronlenan ini dibuat dalam bentuk laporan yg dilayout. Aku sukak hasil laporannya sih, menceritakan detail pembuatan dari awal sampai akhir hihi.

3. Manajemen Periklanan
Ini matkul teori juga, aku ingatnya saat itu banyak mencari jawaban dari pertanyaan2 yang diberikan pak dosen. Banyak istilah baru yang aku tahu. Dan btw, jawabannya harus diuji plagiasi dulu sampai 100% original wkwk, jadi aku banyak menggunakan bahasa sendiri atau parafrase dan lebih prefer mencari referensi artikel berbahasa Inggris supaya enak ngerjainnya.

4. Identitas Korporat
Matkul praktik yang sangat masyaallah banget, aku ingat pas sebelum jadi online, nih matkul kita dateng ke kelas cuma tuk konsul hasil tugas. Per minggu ada progress tugasnya. Tapi kadang kalau libur ya seneng gitu ditunda ngumpulinnya lol... Mulai dari milih sekolah yang mau dibikin identitasnya (pas itu aku milih SMP Lab UM soalnya deket wkwkwk), riset tentang korporatnya. Bikin sketsa logo, dsbnya sampai banyak elemen identitas brandingnya.
Saat itu harusnya lebih bagus datang ke sekolahnya sendiri, tapi ribet sekali mau masuk dilarang dan diminta surat ijin penelitian dari risetdikti. Padahal aku cuma mau ngebranding bentarrr😭 Alhasil jadinya ambil data dan foto dari website sama sosmed sekolanya saja deh huehehe. Ada pun foto yg hasil fotoku sendiri, duikit sekali himks dan itupun cuma bagian luarnya.
Oh ya, awalnya dan harusnya nih tugas menghasilkan 3 buku GSM yang harus dilayout dan diprint menjadi buku beneran. Denger dari kating biaya printnya horror sekali🥲 Tapi karena menjadi online, jadi kami cuma kirim pdf di drive. Hemat budget kawan!
Btw, ini beberapa hasil desainku untuk matkul ini:




5. Budaya Visual
Yak tentu saja di matkul ini membahas tentang budaya dan keterkaitannya dengan desain/visual. Yap, ini matkul teori lagi, cuma aku rasa tetap ada pencampuran praktiknya dan ada belajar lagi soal semiotika sedikit. Pas itu ada juga tugas bikin artwork secara berkelompok ._.
Dan tugas akhir nya ada bikin artwork individu serta penjelasan nya, pas itu aku ngangkat budaya daerahku. Cuma aku rasa karyaku saat itu sangat tydac niat karena aku sedang sangat ga ada ide (+masi gajago disen). Tapi tak apa, aku lagi baik jadi akan kutunjukkan hasilnya:
*Ingin rasanya ku redesain aaaargh!

6. Desain Web
Bisa dibilang ini salah satu matkul favku huehehe! Kalian tahu kenapa, karena aku sudah suka ngeblog dari kelas 4SD, dan pas zaman SD sampai SMP awal aku suka ngutak ngatik blog dan perkodingannya. Well, walau sebenarnya pas nih matkul kami lebih belajar soal ngedesain webnya dan harusnya kodingnya itu muncul otomatis gitu pake app Dreamweaver. Cuma aku suka banget nambah2 kerjaan🤣🤣🤣
Pas yang tugas awal2 tapi tetep ada input html gitu buat bikin hal tertentu di webnya, kayak gambarnya slide, input video/gambar, bikin kotak, warna dsbnya.
Pas masih offline seru sekali, bahkan pas mau UTS udah ditugasin ambil salah satu kafe di Malang untuk dibuat desain webnya, dan semua konten fotografi/desainnya harus original oleh kami sendiri. Aku ngambil kafe Kristalking di Sigura-gura. Pas UTSnya bikin pake Dreamweaver gitu tuk rancangannya dulu dan input hasil foto/desainnya ke situ.
Ada belajar juga soal SEO, rancangan page, sketsa dll sebelum akhirnya diimplementasiin di desain webnya. Kami juga pas mau UAS belajar ngedit layoutnya wordpress (padahal aku bisanya di blogger:u), tapi gapapa jadi belajar hal baru. Seru sekali dan aku enjoy mengerjakan nya. Dan inilah hasil karyaku~ 


(banyak sensor biar ga jadi dosa jariyah ygy, tapi aku sudah izin mba2nya tuk difoto jadi tugas koo)

7. Videografi
Untuk ini, aslinya kan matkul praktik yah hehe. Tapi selama pas masih kuliah offline, kami banyakan teorinya dulu, nonton video dan juga penjelasan dosen, terus baca buku gitu dan ada presentasi soal materi2nya per kelompok oleh kami sendiri lagi, dan temen2nya nanyak:'u
Nah harusnya tuhhh kami bikin karya video gitu kan, bahkan sudah ditugasin buat bikin script/naskah videonya. Eh qodarullah karena situasi mulai pandemi, maka tugas itu pun ditiadakan 🤣 dan jadi ngamatin video/film yang sudah ada. Pas UTS dulu dari iklan gitu kan. 
Nah pas UAS nya dari film, ada durasi sampai berapa menit gitu, dijelasin rinci semua adegannya make apa aja jenisnya wkwk. Aku pas itu ambil film "Parasite" karena suka sama videografinya dan sudah beberapa kali nonton. Jadi enjoy sekali mengerjakan tugasnyaa✨

Semester 5

Dan inilah semester yang semakin membuat🤯🤯 karena matkul praktiknya semakin banyak dan semakin sulit //yaiyalah. Dan ajaibnya lagi, ini semester yang full dilaksanakan online. Nampaknya mulai terbiasa huehehe. Tapi jujur saja, banyak matkul yang seru dan portofolioable.
Oh iya, pas semester ini alhamdulillah nya sempet dapet subscribean adobe gratis gt, jadi bisa dipakai tuk ngerjain beberapa tugas. Lalu saat subscribeannya abis, aku beli subscribe tuk sebulan demi tidak pakai bajakannya🥲 perjuangan✊ ((dipikir2 kuat sekali pas itu kuliah juga open komis, time management how))

1. Kewirausahaan
Di matkul ini banyakan teorinya, yah lebih kayak dikasih ppt sama tugas gitu dari dosennya. Dan walaupun online, kami tetep disuruh nulis manual di kertas folio pake pulpen warna biru untuk jawaban tugasnya😂
Karena matkul ini, disuruh banyak2 membaca dan mikirin jawabannya, dan ada minimal daftar pustakanya gitu.
Kalau penulisannya kurang, jadi nilainya kurang jg, aku bersyukur pas itu punyaku di atas kkm (?) semua🥲 Lalu pas UASnya sempet ada kelompokan bikin proposal bisnis gitu, dan ada UAS individu juga.

2. Media dan Perwajahan
Ini matkul praktik yg 4 SKS. Lumayan seru sih. Walau pun juga matkulnya ga ada video meetingnya, tapi mudah dipahami. Tugas besarnya ada saat UTS dan UAS, hasil akhirnya bikin laporan berbentuk ebook gitu.
UTSnya disuruh redesign layout majalah lama, aku saat itu redesign layout majalah Elfata yg kutemuin di rumah😂 (kaget juga ternyata tuh majalah, majalah sunnah yg masi aktif ampe sekarang).
Ini penampakan layoutnya:

Mohon maaf kalau tulisan deskripsinya amburadul, karena make OCR dan yang dinilai layoutnya aja mhehehe:u

Terus pas UASnya disuruh bikin rebranding dari perusahaan yang sudah ada. Aku ambil JubahAkhwat aja, soalnya sering kutengokin IGnya dan ya kontennya aman tuk aku rebranding. Rebrandingnya buanyak banget dari tampilan di webnya, feeds IG, stationaries, dll. Dan funfact, aku cuma mendesain like 2-3 harian😂🤣
Tapi aku sukak hasilnya apalagi kalau udah dimockup, ternyata masyaallah.
Ini penampakan hasil tugasnya:

(Next aku mau nyoba upload tugas2 medper ini di Behance wkwk)

3. Visual Merchandising
Jujur saja untuk matkul praktik ini paling sedikit tugasnya wkwk. Pas itu cuma ada tugas untuk UTS aja, terus ternyata pas di akhir2 baru dikasi tahu gak ada tugas UASnya, auto mengkaget. Tapi karena saat itu aku sakit2an, jadi hanya menghasilkan karya seadanya🥲 (Maunya maksimalin di UAS tapi yasudah qodarullah)
Btw ini karyaku (yg di laporan tugas):


4. Desain Kemasan Produk
Ini salah satu matkul praktik yang seruuuu banget! Asli suka sekalii.
Soalnya kami kerjasama sama kemenparekraf buat ngedesain kemasan produk UMKM, jadi kliennya itu beneran wkwk. Walau saat itu aku sendiri mendapat sedikit drama karena klienku qodarullah sepertinya belum mengerti cara ngisi form untuk referensi desain kemasan yg diinginkan, jadi banyak yg kosong di tabel hasil formnya. Tapi aku ngide aja, yawda pas dapet kontak klien langsung kenalin diri, wawancara 1-1 yg dibutuhkan untuk mendesain hihi. Bermodal satset, setelah drama itu kelar hanya butuh 2-3 hari aku mendesain kemasannya 😂
Kemudian tugas yg ini dijadiin nilai UTS gitu, ini hasilnya:


Nah tugas berikutnya, bikin desain kemasan 1 lagi redesain produk khas daerah. Yang ini, aku memutuskan buat desain minuman susu kuda liar😁 Ada merek aslinya juga, dan aku bahkan pernah menemukannya di supermarket di daerahku. Aku suka banget hasil desainnya ini bener2 orisinal hihi. Ini hasilnya:


Btw, 2 tugas tersebut pun jadinya dipamerin juga di pameran online Posko Visual 2020, yg diselenggarain kakak2 DKV 2017 di webnya. Dan juga selain ituu juga offline di Malang yg diselenggarain ADGI Malang (tapi sayangnya aku pulkam karena koped🤣). Karyaku cuma dipajang posternya doang, tapi gapapa.
*Rencananya mau upload juga di Behance✌️

5. Video Editing
Matkul yang seru juga hehe. Di sini aku akhirnya belajar Adobe Premiere dan teknik2 video editing dasar, walaupun tidak jago:'u
Tapi setidaknya tau dikit2 hehee.. Pas itu cuma banyak belajar praktikin edit dari video/film yg udah ada sih, aku nggak bikin video sendiri. Ada juga tugas makalah/tulisannya.. 
Cuma pas UASnya gitu ada sekali praktik edit video broadcasting pake OBS, yaudah jadi nampilin diri sendiri🤣 (cuma upload di gdrive kelas sih) disuruh jelasin ttg salah satu topik yg kita suka gitu, terus ada perpindahan kamera (aku make kamera hp sama webcam laptop aja haha), ada opening, ending dsbnya. Ini kalau aku liat videonya lagi pasti mo ngakak dah😅

6. Animasi
Matkul yang aku suka jugaaaa (banyak amat ye matkul yg kusuka pas semester 5🤣). Yah begitulah pas semester 5, banyak matkul praktiknya, cape tapi seru wkwk.
Yang ini juga diajarin animasinya dari yg dasar gitu tugasnya per minggu. Ada teorinya dulu, terus bikin gambar berbagai macam pose, gif bola mantul2, lama2 bikin yg lebih luwes animasinya, sampai bikin desain karakter, storyboard dll ampe jadi animasi.
Jujur aku sangat suka, tapi ya gitu qodarullah laptop nya gak kuat nganimasi sama ngedit videonya🤣🤣🤣 Jadi banyak istighfar... wkwkwk..
Btw ini beberapa hasil karyanya:




Ada juga karya tugas akhir yg berupa video animasi 1 menitan, cuma aku merasa sangat tidak direkomendasikan untuk dilihat karena gak jelas. Baru belajar pake Adobe After Effects pula😅

7. Metodologi Penelitian
Jadi iya, setelah matkul2 yang sangat masyaallah hampir semua praktik itu! Tetep ada matkul ini, yang merupakan awal mula skripsi (harusnya). Matkul yang suka bikin deg2an setiap mau mulai karena takut presentasi, eh qodarullah aku ga kedapetan presentasi sampek akhir semester karena absen akhir2😅🤣 Yaudah deh, abis itu kerjain aja yg bisa dikerjain.. Dan ternyata aku ngubah topik karena sikon kuliah di kampung halaman.. Alhamdulillah nya nilai ku aman lah wkwkw, yang penting tugas2nya kumpulin dan tetep hadir pas gmeet.
Eh pas skripsinya, balik ke topik pertama lagi karena lebih aku kuasain😋
Gapapa, i learn a lot lah✌️

Wah ga terasa udah aku jabarin semua gais! See you yah, abis ini aku ngejar post untuk semester 6nya🤣 

Labels: ,



OLD
Welcome!
Hello ! I'm Urfi from Indonesia, nice to meet you^^ I rarely update here, but you can found me on Instagram @sunflowerhope


Chatbox


Archive;


Ads